PT. SARANA PEMBANGUNAN RIAU PT. Sarana Pembangunan Riau

PT SPR Lakukan Inovasi Agar Tetap Berkembang saat Pandemi


Di tengah tingginya kasus Covid-19, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Riau terus melakukan berbagai inovasi. Kreativitas industri ini menjadi tuntutan untuk tetap bertahan menghadapi pandemi.

BUMD PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) yang bergerak di bidang bisnis perminyakan melakukan inovasi, antara lain membuka kerja sama dengan perusahaan pengolahan limbah, kesehatan, perdagangan dan konstruksi.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan MOU dengan delapan perusahaaan swasta dan BUMN di Pekanbaru, Riau. Di bidang perminyakan, baru-baru ini PT SPR mendapat Sertifikat ISO Integrated Management System sebagai standar bisnis internasional.

Direktur Utama PT SPR Fuady Noor optimis perusahaan tetap berkembang dengan melakukan pembenahan dan inovasi agar usaha berjalan baik di tengah pandemi. Menurut Fuady, sejauh ini tidak ada dampak berarti Covid-19 yang menghambat pengelolaan usaha. Pandemi Covid-19 justru menjadi tantangan agar perusahaan terus meningkatkan produktivitas.

Perusahaan daerah milik Pemerintah Provinsi Riau ini mengelola bisnis perminyakan di Blok Langgak, Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar. PT SPR mampu memproduksi minyak 542 barel perhari. Jumlah ini di atas target SKK Migas 500 barel perhari.  

PT SPR menjadi operator tunggal di ladang minyak Blok Langgak sejak tahun 2010 dengan produksi awal 390 barel perhari. PT SPR juga ingin bekerja sama dengan PT Pertamina dalam pengelolaan Blok Rokan. BUMD siap berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan negara di sektor minyak dan gas bumi.