PT. Sarana Pembangunan Riau

PT SPR Raih Juara I KI Riau Award 2022 Kategori BUMD


PEKANBARU – PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) terpilih sebagai Juara I KI Riau Award 2022, Kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dari Komisi Informasi (KI) Riau, dalam acara Anugerah KI Riau Award 2022, Pemeringkatan dan Penganugerahan Badan Publik Se-Provinsi Riau yang digelar di Hotel Mutiara Merdeka, Kota Pekanbaru, Senin (12/12/2022). 

Acara KI Riau Award 2022 yang bertemakan "Keterbukaan Informasi Publik Menuju Riau Unggul" dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro, Ketua KI Riau Zufra Irwan beserta Jajaran Komisioner KI Riau, Bupati/Walikota se-Riau dan Undangan lainnya.

Direktur PT Sarana Pembangunan Riau (SPR), Fuady Noor mengatakan bahwa keterbukaan informasi merupakan salah satu yang sangat penting untuk membangun tata kelola perusahaan yang baik. 

Ini merupakan komitmen PT SPR terhadap penerapan aspek Good Corporate Governance (GCG). PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) terus melakukan Inovasi-inovasi yang berkelanjutan dalam mengimplementasikan layanan informasi publik.

Penghargaan ini, Fuady melanjutkan, merupakan apresiasi kepada semua insan PT SPR terutama Pejabat Pelayanan Informasi Publik PT SPR yang telah berkontribusi terhadap layanan informasi publik.

"Adanya penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi PT SPR untuk memberikan layanan informasi publik yang lebih baik lagi," kata Fuady.

Anugerah Keterbukaan Informasi Publik diselenggarakan untuk mengevaluasi implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008 oleh sebelas kategori badan publik.

Sebelas kategori itu yakni Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota, kategori Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota, kategori Partai Politik, kategori Instansi Vertikal, kategori Perguruan Tinggi, kategori Penerima Hibah, kategori OPD ( PPID Pembantu), kategori Achievement Motivation Person, kategori KPU Kabupaten Kota, kategori Bawaslu Kab/ Kota, dan kategori Desa.

PT SPR telah melakukan peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui pelatihan dan Bimbingan Teknis.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan pelayanan informasi di lingkungan PT SPR akan optimal, telah melengkapi seluruh Standar Operasional Prosedur (SOP) antara lain SOP Permohonan Informasi, SOP Keberatan, SOP Pemuktahiran Daftar Informasi Publik, SOP Uji Konsekwensi, dan SOP Penanganan Sengketa Informasi, Pelayanan informasi Publik PT SPR telah ditingkatkan melalui pelayanan informasi secara langsung dan secara Online melalui website serta media sosial perusahaan.

Program refreshment website yang menjadi salah satu sumber utama pelayanan dan penyebarluasan informasi, integrasi berbagai kanal sosial media serta keterbukaan informasi menjadi upaya-upaya PT SPR dalam mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi publik sehingga mencapai nilai tertinggi di antara BUMD dalam kategori menuju informatif. ***