Kunjungan PT Sarana Pembangunan Riau ke ROHIL


ROKAN HILIR – Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kedatangan tamu rombongan PT Sarana Pembangunan Riau (SPR) Provinsi Riau, kedatangan tersebut guna mengelola ladang minyak yang tersebar dibeberapa wilayah kecamatan Kabupaten Rohil.

Komisaris utama PT SARANA PEMBANGUNAN RIAU,  H Azhar Syakban di dampingi oleh Direktur Oprasional Ahmiyul Rauf berserta rombongan mengungkapkan bahwa kedatangan PT.SPR ingin mengelola ladang minyak diwilayah Rohil dengan bekerja sama dengan putra daerah perusahaan migas yang ada di Kabupaten Rohil.

“Kerja sama tersebut sipatnya teknis memberi peluang pekerjaan kepada putra daerah untuk membersih tangki minyak memperbaiki pipa minyak dan membersihkan rumput-rumput  disekitar lokasi ladang minyak,” katanya Azhar, Selasa (30/8/2016) di aula Rapat lantai 4 Kantor Bupati Rohil.

Sementara itu, Plt Sekda Rohil,  Drs H Surya Arfan menuturkan dengan ada tawaran PT SPR untuk mengelola ladang minyak telah ditinggal oleh pihak PT  Chevron sebelumnya. Salah satu Devisi BUMD daerah Rohil akan tampil untuk meneliti kembali dan mencari data-data sumur minyak ada dibeberapa daerah  dikelola kembali.

Tambah, Sekda lagi, Sumur tua minyak akan ditinjau apakah masih potensial dapat menghasilkan minyak atau tidak, kalau masih ada akan digali kembali melalui pihak PT SPR Bekerja sama dengan BUMD nantinya.

“Kita yakin bahwa SPR bisa mengali sumur SPR langgak dengan menghasilkan minyak 400 Perbarel dalam satu hari menurut surya, mereka menilai kalau sumur minyak tua ada di wilyah Rohil bisa mencapai 50.000 perbarel setiap harinya kan bisa menambah incam untuk pendapat asli daerah melalui sumur tua,” ucapnya.

Setelah itu, lebih jauh Surya menjelaskan pada tahun 2021 perjanjian kontrak kerja sama dengan block rokan akan berakhir melalui SPR akan mengambil alih untuk mengelola ladang minyak berada wilayah di Kabupaten Rohil.

SPR bukan hanya daerah Rohil yang akan dikelolanya malahan termasuk ditujuh kabupaten kota riau akan dikelola oleh perusahaan daerah SPR pada 2021  seperti Rohil, Siak, Kampar, Rohul, Bengkalis, dan Pekanbaru.

“Kabupaten Rohil berharap dengan, PT Sarana Pembangunan Rohil bekerja sama dengan (SPR) Block Langgak dapat mengelola ladang minyak didaerah dengan sebaik mungkin saling menguntungkan dua belah pihak,” harap surya.

Dia juga menegaskan kepada PD Prasarana pembangunan Rohil BUMD  mempersiapkan diri mulai sekarang segala sesuatu harus dipersiapkan  terutama sumber daya manusia akan ditampil maupun manajemen pengelola block tersebut.